Kebiasaan Penyebab Rambut Rontok

Banyak sekali yang mengalami masalah rambut rontok, khususnya kaum wanita. Tentu saja problem tersebut bisa mengganggu penampilan dan rasa percaya diri, sehingga harus segera diatasi. Sebelum itu, ketahui terlebih dahulu penyebab rambut rontok yang begitu kompleks, sebab tidak hanya faktor penyakit atau keturunan saja, namun juga kebiasaan sehari-hari.

Tanpa Anda sadari kebiasaan tersebut ternyata berpengaruh terhadap kesehatan dan kebersihan rambut, sehingga akhirnya menjadikan rambut mudah rontok. Berikut adalah penyebabnya:

  1. Mengikat rambut terlalu kencang

Ini merupakan kebiasaan kebanyakan wanita, khususnya mereka yang mempunyai rambut panjang. Mengikat rambut sah-sah saja agar rambut tetap rapi serta memudahkan pekerjaan Anda. Namun, sebaiknya jangan terlalu kencang sebab bisa membuat rambut rapuh dan rontok.

  • Terlalu sering mencatok rambut

Seperti yang Anda ketahui bahwa catok maupun hairdryer mempunyai efek panas dan itu bisa merusak kekuatan rambut. Terlebih jika Anda terlalu sering melakukannya untuk mengeringkan rambut maupun yang lainnya, maka problem rambut rontok tidak bisa dibendung lagi.

Karena itu hindari mencatok rambut dan sebagainya untuk membuat rambut lebih indah. Anda bisa menggantinya dengan perawatan khusus baik alami maupun tidak. Salah satu alternatif perawatan rambut yang baik bisa Anda temukan di Matrix Professional yang menyediakan produk khusus mengatasi rambut rontok mulai dari shampo, kondisioner, hingga oil dan serum.

  • Menyisir rambut saat masih basah

Hindari atau tunda dulu apabila Anda ingin menyisir rambut dalam kondisi masih basah. Hal itu justru membuat rambut Anda mudah rontok, terlebih jika Anda menggunakan sisir yang bergigi kecil serta rapat yang dapat menambah jumlah rambut yang rontok. Jadi, sebaiknya gunakan sisir bergigi jarang atau menunggunya saat kering saja.

  • Tidak konsisten dalam menggunakan shampo

Sering berganti jenis maupun merek shampo bisa menjadi penyebab rambut rontok. Mengingat setiap orang mempunyai karakter kulit kepala serta rambut yang berbeda-beda, sehingga Anda harus mengetahuinya terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan shampo. Salah satu solusinya gunakan Matrix Biolage Fiberstrong untuk memperbaiki rambut rapuh.

Tags: