Mau Usaha Anda Semakin Laris? Yuk, Ikut Pelatihan dan Pengembangan Usaha!

Banyak pelatihan dan pengembangan usaha yang sekarang ini yang memudahkan Anda untuk mengembangkan keterampilan dalam berwirausaha. Apakah Anda sudah pernah mengikuti pelatihan-pelatihan tersebut? Melalui pelatihan dan pengembangan usaha yang beragam, maka Anda bisa memilih mana yang kira-kira sesuai dengan minat serta peluang usaha Anda ke depannya.

Seperti Bu Ina yang belakangan ini senang dengan hobinya membuat kue-kue kekinian seperti cupcakes dan kue-kue ulang tahun. Berawal dari memanfaatkan waktu senggang, Bu Ina mulai mencoba membuat cupcakes dan kue-kue ulang tahun sederhana untuk dikonsumsi keluarga saja. Kemudian Bu Ina memberanikan diri untuk menawarkan kepada kerabat-kerabatnya. Respons baik mulai berdatangan dan semakin banyak yang memesan cupcakes serta kue ulang tahun ke Bu Ina.

Ia pun mulai melihat potensi dirinya dan peluang untuk mengembangkan ‘keisengannya’ ini dengan mulai menempelkan label merk dan kontaknya di kemasan kuenya. Jadi, jika ada yang ingin memesan cupcakes atau kue ulang tahun selain kerabat-kerabatnya, maka bisa memesan langsung ke kontak tersebut. Dengan cara memasarkan secara sederhana tersebut, kue-kue buatan Bu Ina semakin banyak dipesan oleh konsumen selain kerabat-kerabatnya.

Bu Ina memang bukan dari latar belakang bidang tata boga ataupun pendidikan ekonomi, tapi ia senang mengembangkan usaha yang dijalankannya ini atas dasar minat dan potensinya sendiri. Supaya usaha yang sedang dirintisnya ini berkembang, maka Bu Ina sering mengikuti berbagai pelatihan dan pengembangan usaha agar ia memiliki dasar-dasar pengetahuan bagaimana berwirausaha. Di pelatihan ini, Bu Ina akan diajari secara mendalam mengenai cupcakes, mulai dari proses mengolahnya, proses menghias, hingga berbagi tips dalam mengembangkan usaha. Karena sewaktu-waktu, ilmu yang didapat dari pelatihan ini nantinya bisa berguna untuk terus mengembangkan usaha serta memotivasi para wirausawahan di bidang kuliner untuk berinovasi membuat menu-menu baru.

Apakah Anda sudah mulai mengikuti berbagai pelatihan dan pengembangan usaha? J