Mengapa Peer to Peer Lending Dapat Menjadi Skema Investasi Terbaik?

Saat ini, ada beragam skema investasi yang dapat dimanfaatkan oleh para investor. Mulai dari investasi yang dilakukan secara konvensional melalui pasar barang hingga investasi yang dilakukan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi melalui pasar uang. Salah satu skema investasi di pasar uang yang tengah menjadi primadona adalah peer to peer lending atau p2p lending. Skema investasi ini menjadi primadona karena beragam kelebihan yang dimilikinya. Bahkan, skema investasi yang satu ini juga digadang-gadang mampu menjadi skema investasi terbaik. Mengapa demikian? Berikut ini beberapa alasannya.

Imbal Hasil yang pasti dalam jangka waktu pendek

Didalam investasi, Anda akan dihadapkan pada dua kemungkinan yakni investasi dengan imbal hasil atau return yang pasti serta investasi dengan return yang tak pasti. Kepastian dan ketidakpastian return tentu sangat berpengaruh dalam keputusan seorang investor serta mempengaruhi persentase return yang akan didapatkan. Skema investasi p2p lending tergolong sebagai investasi yang menjanjikan kepastian dalam segi tingkat returnnya. Hal ini tentu menjadi kelebihan tersendiri mengingat investasi yang menjanjikan tingkat return yang akan didapatkan umumnya lebih minim risiko dibandingkan dengan investasi yang tidak menjanjikan tingkat return di tiap periodenya.

Di sisi lain, skema investasi p2p lending dinilai dapat menjadi skema investasi terbaik karena jangka waktu yang diterapkannya. Jika biasanya skema investasi lainnya yang memberikan imbal hasil pasti mengharuskan Anda untuk menanamkan modal Anda dalam jangka waktu yang lama atau lebih dari satu tahun, skema investasi p2p lending tidak demikian. Karena, Anda dapat melakukan investasi dalam jangka waktu pendek alias dibawah satu tahun. Sehingga arus perputaran modal Anda dapat lebih cepat sehingga bisa memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis Anda.

Membantu perekonomian

Bukan hanya memberikan keuntungan dalam segi ekonomi, di dalam skema investasi p2p lending ada pula sisi social yang terdampak yakni perekonomian yang terbantu. Ya, dengan berinvestasi melalui p2p lending, maka Anda akan membantu para pengusaha UMKM yang tengah berusaha mengembangkan bisnisnya. Patut diketahui, sektor UMKM merupakan pilar penyangga perekonomian negara sehingga ketika Anda membantu sektor UMKM dengan kata lain Anda juga telah membantu perekonomian negara secara keseluruhan. Hal inilah yang membuat skema investasi p2p lending dapat menjadi skema investasi terbaik di Indonesia.

Tags: