Penanganan Tepat Terhadap Insiden Dapat Mengurangi Resiko Fatal Berlanjut

Penggunaan obat luka bakar parahatau biasa disebut luka bakar tingkat III merupakan luka bakar yang menghancurkan semua lapisan kulit. Kontak yang terlalu lama dengan sumber panas serta akibat tersengat listrik adalah penyebab utama luka bakar tingkat III ini. Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang hal ini dengan membuka Guesehat, platform kesehatan terbaik di Indonesia.

Tak hanya luka bakar, Guesehat juga memberikan aneka tips yang salah satunya adalah penyebab muntah pada anak dan penanganannya. Hal ini sangat penting, mengingat pertolongan pertama adalah hal paling cepat sebagai upaya mengatasi insiden.

Kembali pada kejadian luka bakar, derajat luka III ini adalah jenis yang paling parah dibandingkan yang lainnya. Kerusakan yang terjadi pada kulit lebih besar serta telah merusak jaringan subkutan kulit.

Berikut tanda-tanda Anda mengalami luka bakar derajat ketiga meliputi:

  1. Kulit terlihat kasar dan mengelupas.
  2. Terdapat area putih atau coklat gelap pada kulit yang terluka.
  3. Adanya penebalan kulit yang tampak seperti lilin serta meluas.

Namun, tak perlu khawatir, berikut adalah beberapa tips Guesehat sebagai tindakan yang dapat dilakukan jika Anda menemui kasus ini;

1. Segera padamkan api, jika korban masih dalam keadaan terbakar. Anda dapat menggunakan selimut, bed cover, karpet, jaket ataupun bahan lainnya. Perlu diperhatikan, Jangan melepaskan pakaian yang melekat pada luka yang dialami korban.

2. Tempelkan kain yang dibasahi air dingin, hal ini berguna untuk menurunkan suhu pada daerah luka. Penggunaan air es dilarang untuk luka di bagian wajah, tangan serta kaki karena hal ini dapat menyebabkan syok.

3. Anda dapat menutup luka bakar dengan perban steril yang tebal, bantal, popok bersih, kain bersih, ataupun bahan lain yang dapat ditemukan. Namun ingat, jangan menggunakan bahan yang mudah lepas atau rontok seperti kapas. Serta jangan oleskan minyak atau ramuan lain yang belum diketahui fungsinya pada luka.

4. Segera hubungi tenaga medis agar korban mendapat penanganan dengan segera.

Perlu diingat Jangan pernah mencoba untuk mengobati luka bakar derajat tiga sendiri karena hal ini sangatlah rentan infeksi. Sebaiknya cepat-cepat cari bantuan tenaga medis ataupun pergi ke IGD rumah sakit terdekat untuk menangani luka bakar Anda. Biasanya, dokter akan segera merekomendasikan operasi guna menghilangkan jaringan parut serta menyembuhkan luka bakar.

Tags: