Pengertian Penilaian Prestasi Kerja

Pengertian Penilaian Prestasi Kerja – Penilaian prestasi kerja merupakan langkah perusahaan guna mengevaluasi hasil kerja yang telah dilakukan para karyawannya serta sebagai catatan penting untuk melakukan kebijakan-kebijakan perusahaan.

Penilaian prestasi kerja dikenal dengan istilah performance rating, performance appraisal, personnel assesment, employee evaluation, merit rating, efficiency rating, service rating. Dalam praktiknya istilah penilaian kinerja (performance appraisal) dan evaluasi kinerja (performance evaluation) dapat diguankan secara bergantian atau bersamaan karena pada dasarnya mempunyai maksud yang sama.

Adapun pengertian penilaian prestasi kerja menurut pendapat beberapa ahli adalah sebagai berikut:

Bambang Wahyudi (2002: 101) berpendapat bahwa “Secara umum penilaian prestasi kerja dapat diartikan sebagai suatu evaluasi yang dilakukan secara periodik dan sistematis tentang prestasi kerja/jabatan (job performance) seorang tenaga kerja, termasuk potensi pengembangannya”.

 

Andrew E. Sikula yang dikutip Malayu Hasibuan (2000: 86) mengemukakan bahwa “Penilaian prestasi kerja adalah evaluasi yang sistematis terhadap pekerjaan yang telah dilakukan oleh karyawan dan ditujukan untuk pengembangan”.

            A.A. Anwar Prabu Mangkunegara (2000: 69) menyatakan “Penilaian prestasi pegawai adalah suatu proses penilaian prestasi kerja pegawai yang dilakukan pemimpin perusahaan secara sistematik berdasarkan pekerjaan yang ditugaskan kepadanya.”

Veithzal Rivai (2004: 309) menjelaskan bahwa “Penilaian prestasi adalah merupakan hasil kerja karyawan dalam lingkup tanggung jawabnya”.

Moekijat (1995; 119) “Penilaian pelaksanaan pekerjaan adalah suatu proses yang digunakan oleh organisasi untuk menilai pelaksanaan pekerjaan pegawai”

Marihot Tua (2002: 19)“Unjuk kerja merupakan hasil kerja yang dihasilkan oleh pegawai atau perilaku nyata yang ditampilkan sesuai perannya dalam organisasi”.

Hal ini dipertegas oleh Veithzal Rivai dan Ahmad Fawzi (2005: 18) mengatakan “Penilaian kinerja merupakan kajian sistematis tentang kondisi kerja karyawan yang dilaksanakan secara formal yang dikaitkan dengan standar kerja yang telah ditentukan perusahaan”.

Leon C. Mengginson (1981: 310) dikutip A.A. Anwar Prabu Mangkunegara (2000: 69) Penilaian prestasi kerja (performance appraisal) adalah suatu proses yang digunakan pimpinan untuk menentukan apakah seorang karyawan melakukan pekerjaannya sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya”.

Henry Simamora (338: 2004) “ Penilaian kinerja adalah proses yang dipakai oleh organisasi untuk mengevaluasi pelaksanaan kerja individu karyawan”.

Anwar Prabu Mangkunegara (2005: 12) “Evaluasi kinerja merupakan sarana untuk memperbaiki mereka yang tidak melakukan tugasnya dengan baik didalam organisasi”.

Dari beberapa pendapat diatas dapat penulis ambil kesimpulan bahwa penilaian prestasi kerja merupakan suatu kegiatan yang sangat penting dalam organisasi atau perusahaan guna meningkatkan kinerja karyawan. Hal ini mengingat bahwa di dalam organisasi, setiap orang sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) mempunyai keinginan untuk mendapatkan penghargaan dan perlakuan adil dari pimpinannya. Sehingga karyawan memberikan kontribusi yang berarti pada organisasi atau perusahaan dan pula sebaliknya, hal ini merupakan upaya guna mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.

Maka jelaslah bahwa penilaian prestasi kerja dilakukan untuk meningkatkan kinerja karyawan dalam melaksanakan tugas dan bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang diberikan oleh atasannya, dan juga sebagai sarana untuk memperbaiki mereka yang tidak melaksanakan tugasnya dengan baik.

 

Sumber Referensi :

Anwar Prabu Mangkunergara. 2002. Evaluasi Kinerja SDM . Bandung: PT Refika Aditama

 

Pengertian Penilaian Prestasi Kerja | rumahbelajar | 4.5