Tips Berbicara Bahasa Inggris untuk Profesional

Suka atau tidak, kamu harus hadapi kenyataan bahwa perusahaan ingin karyawannya bekerja profesional, bergaya profesional, juga berwawasan profesional, termasuk menguasai bahasa Inggris.

Siapa pun kamu, seberapa pintarnya kamu, bila tidak menguasai bahasa Inggris, bisa dipastikan kariermu cepat berhenti. Pun apabila kamu bisa berbahasa Inggris, namun tidak bisa berbicara dalam bahasa tersebut dengan baik, citra kamu sebagai profesional pasti runtuh.

Beruntung kini ada banyak cara yang bisa kamu tempuh untuk belajar bahasa Inggris. Kamu bisa cari informasi di https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/centers/jakarta/ untuk mendapatkan pelajaran bahasa Inggris untuk kalangan profesional di Jakarta.

Selanjutnya, kamu harus banyak berlatih sendiri. Jangan hanya mengandalkan lembaga kursus untuk membantumu pintar berbicara dalam berbahasa Inggris. Ikuti tips-tips berikut ini.

Perlahan-lahan

Kelas bahasa Inggris profesional pemula menyarankan agar seorang profesional memiliki suara yang jelas, jernih, dan berbicara secara perlahan-lahan. Ambil jeda antar kalimat. Apalagi saat belajar berbicara dalam bahasa Inggris. Gunakan kalimat-kalimat yang efisien dan berisi. Biarkan setiap kata berpadu dan beresonansi kepada pendengar kamu.

Senyum

Gunakan cara ini bila kamu sudah kehabisan kosakata bahasa Inggris atau kamu sedang bingung menerjemahkan kata-kata dalam bahasa Indonesia yang ada di dalam kepala. Tersenyum. Senyum ini mungkin terlihat palsu, tetapi tersenyum di tengah-tengah pembicaraan bisa meningkatkan nada suara dan intonasi, juga mengubah ekspresi muka. Ini penting, terutama bila kamu sedang bercakap-cakap melalui telepon atau video call.

Gunakan filler words

Filler words seperti hm…, ah… no…, memberikan kesan kamu berbicara terbata-bata. Akan tetapi ada momen di mana kamu perlu mengatur jeda di antara kalimat-kalimatmu. Gunakan filler words ini dengan intonasi yang jelas, bukan gugup. Maka, lawan bicara akan melihat kamu sedang berpikir saat mengucapkannya, bukan sedang bingung karena kehabisan kata-kata.

Yakin

Yakinlah. Ya, yakinlah dengan semua kalimat yang kamu lontarkan. Pastikan kamu tahu betul arti kata demi katanya sehingga kepercayaan diri terpancar dari wajah. Ini penting untuk seorang profesional. Bila tidak yakin, jangan gunakan kata tersebut. Ambil kamus, buka, dan pelajari lagi.

Tags: